Training Understanding of ISO 22301

Apa ISO 22301
Training Understanding of ISO 22301
ACS Training Center - ISO 22301 adalah standar sistem manajemen untuk business continuity management (BCM) yang dapat digunakan oleh organisasi dari semua ukuran dan jenis. Organisasi-organisasi ini akan mampu menunjukkan kepada legislator, regulator, konsumen, calon pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan bahwa mereka mengikuti praktek yang baik dalam pengelolaan kontinuitas bisnis.

Pada tanggal 25 Oktober 2012, di Genewa Switzerland, organisasi ISO (International Organization for Standardization) menerbitkan Standar baru ISO 22301: 2012. Standar ini merupakan jawaban atas kebutuhan organisasi pada masa kini yang berada di lingkungan persaingan yang sangat ketat (hiperkompetitif), memerlukan Sistem Manajemen yang mampu menjaga KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN ORGANISASI dalam jangka panjang. Standar ISO 22301:2012 yang mengatur pedoman Business Continuity Management System atau Sistem Tata Kelola Organisasi (Bisnis) secara Berkelanjutan, akan memampukan organisasi untuk memiliki daya hidup (survival), daya tumbuh (growing) dan daya kreasi (vreativity) secara berkelanjutan dengan tetap memperhatikan faktor risiko dan lingkungan persaingan.

Business Continuity Management dalam ISO 22301
BCM atau Business Continuity Management (BCM) adalah manajemen holistic mulai dari menyediakan langkah-langkah kebijakan, identifikasi risiko, struktur organisasi dan tanggung jawab, mekanisme kerja serta prosedur operasional dalam upaya pemulihan organisasi dan aktivitasnya.

Yang mana dalam BCM ini perusahaan memiliki skema bagaimana perusahaan tetap berjalan disaat kondisi tidak memungkinkan sekalipun. Tanpa kita sadari hampir semua perusahaan yang sangat siap dalam menjalankan aktivitas seperti biasa disaat kondisi memang tidak terjadi apa-apa, tetapi disaat terjadi sesuatu? misalnya suplai bahan utama kurang atau terjadi gempa bumi hebat yang menghancurkan gedung perusahaan. Apakah kita hanya diam? dan hanya pasrah bahwa perusahaan tidak berjalan dan tutup karena semua aset tidak dapat diselamatkan?

Tentu hal tersebut tidak ingin kita inginkan. BCM dalam perusahaan bagaikan “Ban Serep” yang anda siapkan dikendaraan anda. Dikala saat anda berjalan ban anda bocor, ban serep siap digunakan. Memang butuh waktu untuk memasang tetapi setelah ban itu dipasang anda bisa melanjutkan perjalanan anda. Bukan hanya menunggu seseorang menolong dan membawa ban pengganti untuk anda.

Standar ini dibagi menjadi 10 klausul utama, dimulai dengan lingkup, referensi normatif, dan istilah dan definisi. Berikut ini adalah persyaratan standar ini:

Klausul 4 – Konteks organisasi
Langkah pertama melibatkan pengenalan organisasi, baik kebutuhan internal maupun eksternal, dan menetapkan batas yang jelas untuk ruang lingkup dari sistem manajemen. Secara khusus, organisasi perlu memahami persyaratan dari pihak-pihak berkepentingan yang relevan, seperti regulator, pelanggan dan staf. Termasuk juga pemahaman persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.

Klausul 5 – Kepemimpinan
ISO 22301 menekankan secara khusus akan kebutuhan kepemimpinan yang tepat dari BCM. Hal ini dimaksudkan agar manajemen puncak menjamin tersedianya sumber daya yang tepat, menetapkan kebijakan dan menunjuk orang-orang untuk menerapkan dan memelihara BCMS.

Klausul 6 – Perencanaan
Ini mengharuskan organisasi untuk mengidentifikasi risiko terhadap pelaksanaan sistem manajemen dan menetapkan tujuan yang jelas dan kriteria yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilannya.

Klausul 7 – Dukungan
Karena implementasi membutuhkan sumber daya, Pasal 7 memperkenalkan konsep penting kompetensi. Agar kelangsungan bisnis berhasil, orang dengan pengetahuan yang tepat, serta keterampilan dan pengalaman harus cukup untuk berkontribusi pada BCMS dan menanggapi insiden ketika hal itu terjadi.

Klausul 8 – Operasi
Bagian ini berisi bagian utama keahlian spesifik kelangsungan bisnis. Organisasi harus melakukan analisis dampak bisnis untuk memahami bagaimana usahanya dipengaruhi oleh gangguan dan bagaimana hal ini berubah dari waktu ke waktu.

Klausul 9 – Evaluasi
Pada setiap sistem manajemen, adalah penting untuk mengevaluasi kinerja terhadap perencanaan sebelumnya. Karena itu ISO 22301 mensyaratkan bahwa organisasi mengukur diri terhadap metrik kinerja yang sesuai. Audit internal harus dilakukan dan ada persyaratan bahwa manajemen meninjau BCMS dan melakukan tindakan yang sesuai atas hasil tinjauan ini.

Klausul 10 – Peningkatan
Tidak ada sistem manajemen yang sempurna di awal, sementara organisasi serta lingkungan mereka juga terus berubah. Klausul 10 mendefinisikan tindakan yang harus diambil untuk meningkatkan BCMS dari waktu ke waktu.

JADWAL TRAINING ISO 22301 JAKARTA
  • Jakarta, 12 - 13 September 2018
  • Jakarta, 12 - 13 November 2018
Durasi Training : 2 Hari
Waktu : 08.30 – 17.00

Investasi Training ISO 22301 :
Rp 2.000.000 / peserta.
Investasi ini termasuk :
• Lunch and 2X Coffee Break
• Training Material
• Seminar Kit
• Certificate

Lokasi Training :
Hotel bintang 4 di Jakarta atau di ACS Training Center

Jika bapak/ibu tertarik untuk mengadakan In House Training ISO 22301 ini , silahkan menghubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Training  ISO 22301.

INFORMASI & REGISTRASI
Email : acstrainingcenterindonesia@gmail.com
ACS Training Center
Training Understanding of ISO 22301 Training Understanding of ISO 22301 Reviewed by ACS Training Center on April 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.